Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil Matematika Kelas 8 Tahun Pelahajaran 2022/2023

Beberapa hari lagi SMP Negeri 1 Satap Mempura akan melaksanakan penilaian akhir semester. Sekitar tanggal 5 desember tahun 2022 ini siswa-siswi SMP Negeri 1 Satap Mempura akan menghadapi penilaian akhir semester. Untuk itu, dalam kesempatan ini, saya selaku guru matematika dismp ini, akan membantu anak-anak didik kami untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian tersebut. Salah satunya dengan memberikan kisi-kisi untuk penilaian akhir semester ganjil pada mata pelajaran matematika kelas 8 tahun pelajaran 2022/2023.

Namun sebelumnya jika anak-anak didik kami masih ada yang belum tahu apa itu kisi-kisi, maka Melalui tulisan ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai kisi-kisi mulai dari pengertiannya, fungsinya, hingga manfaat kisi-kisi bagi kamu yang sedang belajar mempersiapkan diri menghadapi ujian. Sehingga harapannya, setelah kamu mempelajari semua tulisan ini, kamu akan paham bahwa ternyata memahami kisi-kisi secara benar dan tepat itu merupakan hal yang penting dan bisa jadi modal berharga bagi kamu dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian. sehingga ujian nanti kamu bisa mendapatkan nilai yang maksimal.

Pengertian Kisi-kisi

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Ganjil Matematika Kelas 8 Tahun Pelahajaran 2022/2023

Apa itu kisi-kisi?

Untuk menjelaskan tentang pengertian kisi-kisi, saya ingin mengajak kamu mengingat kembali tentang proses pembuatan layang-layang. Kalian pernah kan membuat layang-layang? Kalau belum pernah membuat layang-layang, setidaknya pernah dengarkan lagu layang-layang pada kalian masih duduk di bangku TK/Paud? kalau lupa, nih saya kasih cuplikan lagunya biar ingat...

Nah, Untuk membuat layang-layang, kita harus membuat kerangkanya dulukan. Tentu saja, hal tersebut dimaksudkan agar layang-layang tersebut bisa kokoh, sesuai dengan apa yang akan kita buat bentuknya dan tentunya bisa diterbangkan.

Lalu apa hubungannya antara layang-layang dengan kisi-kisi?

Hmm begini, kalau dalam layang-layang kita mengenal kerangka, maka dalam pembuatan soal oleh guru (si pembuat soal), kita nanti akan mengenal istilah kisi-kisi.

Seperti halnya kerangka pada layang-layang, kisi-kisi soal juga merupakan kerangka dalam pembuatan soal. Lebih tepatnya, kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Mulai dari indikator soal, bentuk soal, sampai dengan level atau tingkat kesukaran soal biasanya dituliskan dalam kisi-kisi.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian. Materi-materi apa yang akan diujikan hingga prediksi soal yang akan keluarpun bisa kamu antisipasi dengan belajar latihan soal-soal yang indikatornya mirip dengan indikator yang ada dikisi-kisi.

Fungsi dan Manfaat Kisi-kisi

Setelah kamu paham mengenai pengertian kisi-kisi, sekarang saatnya kita akan membahas tentang fungsi kisi-kisi.

Dalam membahas fungsi dari kisi-kisi sebetulnya kisi-kisi itu bukan hanya berfungsi bagi siswa saja melainkan juga bagi seorang guru. Namun, dalam kesempatan ini, kita hanya membahas fungsi dan manfaat dari kisi-kisi untuk siswa saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dan manfaat kisi-kisi bagi siswa

a. Memudahkan belajar

Ini jelas, karena siswa bisa lebih mudah mempunyai gambaran seperti apa soal yang kira-kira akan diujikan nanti. Tentu saja, hal tersebut akan sangat menghemat waktu, tenaga, dan pikiran dalam mempelajari setiap materi yang akan diujikan.

b. Melatih kemampuan memprediksi dengan baik

Kalau kamu paham fungsi dari kisi-kisi soal bagi guru atau penulis soal, bisa jadi kamu nanti akan mempunyai kemampuan memprediksi soal-soal yang mungkin keluar. Dan karena kamu mempunyai gambaran soal-soal yang mungkin keluar, tentu saja kamu lebih mudah mempersiapkan diri sejak dini. Kemampuan seperti ini sangat penting ketika kamu dewasa nanti, mengapa? Karena kemampuan memprediksi ini digunakan oleh ilmuwan, pengamat, bahkan dokter dalam mereka bekerja dalam kehidupan nyata.

c. Kemampuan manajemen waktu

Inilah yang sangat penting buat kamu kuasai untuk bisa menjadi orang yang sukses di masa depan. Yaitu kemampuan memanajemen atau mengelola waktu. Kita tahu bahwa Semua orang mempunyai waktu yang sama yakni 24 jam dalam sehari, dan 7 hari dalam seminggu. Tapi mengapa ada orang yang berhasil dan ada orang yang sering mengalami ketidakberhasilan dalam hidupnya. Salah satu faktornya adalah kemampuan manajemen waktu.

Kisi-Kisi PAS Ganjil Matematika Kelas 8 Tahun Pelajaran 2022/2023

Semoga dengan kisi-kisi ini anak-anak didik kami dapat lebih mudah dalam belajar, serta mampu memenejemen waktu dengan baik, sehingga ujian PAS nanti bisa sukses mendapatkan nilai terbaik.

Abdul Rahim

Terlahir untuk mengekspresikan, bukan untuk membuat terkesan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama