Memahami Bentuk Aljabar dan Operasinya

Selamat pagi siswa-siswi SMP Negeri 1 Satu Atap Mempura. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu mendapat ridho serta perlindungan dari Allah SWT sehingga kita terhindar dari bahaya serangan covid. Dalam kesempatan kita kali ini, mari kita gunakan untuk belajar memahami bentuk aljabar dan operasinya dalam pemecahan masalah kita sehari-hari.

Memahami Bentuk Aljabar dan Operasinya

Sebelum itu kita mulai, mari kita sama-sama pahami apa sih sebenarnya aljabar itu? kira-kira ananda ada yang tau nggak Siapa tokoh yang berperan penting dalam bidang aljabar?. Nah untuk menjawab itu semua, mari kita simak penjelasan berikut ini ya.

Apa itu ALjabar?

Aljabar merupakan suatu kaidah penghitungan di mana bilangan yang digunakan diperluas pengertiannya menjadi bilangan tetap (konstanta), koefisien, dan variabel (peubah) sebagai pengganti dari bilangan yang nilainya tidak diketahui. Jadi dengan kata lain, aljabar digunakan dalam penghitungan jika ada nilai yang tidak diketahui dalam suatu operasi hitung.

contoh penerapan aljabar

Misalkan, Amir membeli 3 buah pensil dan membayar dengan selembar uang Rp10.000,00 dan mendapat kembali Rp4.000,00. Berapa harga satu buah pensil yang Amir beli? Atau
Bagaimana jika Amir membeli “x” buah pensil dan membayar dengan uang Rp15.000,00 tanpa kembali? Permasalahan seperti ini, dapat kita selesaikan dengan menggunakan kaidah aljabar.
Pada pertanyaan kedua, banyak pensil yang Amir beli adalah “x” buah. Lambang “x” ini disebut sebagai variabel/peubah. Penggunaan variabel/peubah digunakan dalam suatu penghitungan untuk mewakili suatu nilai yang belum diketahui.

Bentuk Aljabar

Mulai dari SMP ini, kamu akan diperkenalkan dengan topik baru yang dikenal dengan nama atau istilah aljabar. Dalam pelajaran selanjutnya kita akan sering berhubungan dengan masalah-masalah yang pemecahannya menggunakan kaidah aljabar.

Jika di SD kita lebih banyak berhitung menggunakan bilangan-bilangan secara langsung, maka pada aljabar ini kita banyak berhitung menggunakan bilangan yang diperluas pengertiannya menjadi bilangan tetap (konstanta), koefisien, dan variabel (peubah) sebagai pengganti dari bilangan yang nilainya belum diketahui. Sebagai perkenalan untuk materi aljabar ini, materi yang akan disampaikan adalah bentuk aljabar dan unsur-unsurnya dan operasi bentuk aljabar.

Contoh Masalah yang Berkaitan dengan Aljabar

Misalkan, kita akan mengisi sebuah kantong beras yang telah berisi 150 gram beras. Beras yang ada di kantong tersebut akan ditambahkan sebanyak 2 gelas, 1 cangkir, dan 3 piring. Jika ukuran satu takar untuk gelas, cangkir, dan piring berturut-turut adalah 200 gram, 100 gram, dan 250 gram, berapa gram isi kantong itu sekarang?
masalah aljabar Berdasarkan gambar diatas, jika semua takaran itu dimasukkan ke dalam kantong, isi kantong itu seluruhnya adalah isi setiap takaran (2 gelas, 1 cangkir, dan 3 piring) ditambah isi dalam kantong sebelumnya.
Isi kantong aljabar Dengan demikian, isi kantong sekarang adalah 1.400 gram atau sebanyak 1,4 kilogram.

Operasi Bentuk Aljabar

Untuk Selanjutnya kamu harus mempelajari juga Operasi Bentuk Aljabar. Untuk itu, silahkan gunakan link tersebut untuk mempelajarinya.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !