Tips Belajar agar lebih Efektif

Belajar memang tidak selalu menyenangkan. Tetapi setidaknya biasakanlah setiap hari untuk selalu berdisiplin waktu dalam belajar. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar belajar lebih efektif. Kenapa tips ini penting? karena kita tau bahwa kesuksesanmu dimasa depan adalah ditentukan dari belajarmu hari ini. baca juga mengenai Pendidikan sebagai investasi jangka panjang agar lebih memahami kenapa perlu belajar efektif.
tips belajar

Suasana Hati

Cipakanlah suasana yang positif untuk belajar (paksakan ikhlas ya). Bisa dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadimu. Buat ruang belajar kamu senyaman mungkin sehingga kamu bisa belajar dengan tenang dan konsentrasi penuh.

Pemahaman

Tandai informasi materi pelajaran yang tidak kamu mengerti. Fokuskan perhatianmu pada materi tersebut. Bentuk kelompok belajar dengan teman-teman yang kamu kenal dan akrab, dalam artian jangan salah memilih teman. sebab jika salah memilih teman belajar, yang ada malah tidak nyaman dan bisa jadi males untuk belajar.

Kilas Ulang

Setelah belajar satu bagian, berhentilah dan ulangi bahan dari bagian tersebut dengan kata-kata yang kamu buat sendri. Cobalah buat tulisan-ulisan singkat mengenai bagian itu dalam sebuah catatanmu.

Telaah dan Pelajari Kembali

Kalau ada beberapa bagian yang belum kamu mengerti juga, carilah bahan lain yang terkait dengan bagian itu. Bisa dari buku teks, artikel, internet, selebaran dan sumber-sumber lain yang bisa kamu percaya.

Mengingat

Setelah belajar beberapa waktu. Tutuplah buku pelajaran tersebut dan kamu memejamkan mata untuk menggambarkan yang kamu baca tadi. ulangi beberapa kali agar lebih meresap kedalam otak kamu. metode ini cukup manjur jika kamu akan menghadapi ulangan atau ujian.

Metode Menulis

Kamu juga bisa belajar dengan cara menulis. Karena dengan menulis maka otak akan bisa lebih mengingat daripada sekedar dibaca apalagi dihafal, yang akan membuat kamu tambah pusing.

Membuat Ringkasan

Ini termasuk metode yang sangat lazim. namun kamu seharusnya membuat ringkasan yang lain dari biasanya. Ringkasan itu bisa saja hanya berupa bagan atau skema atau bahkan dalam bentuk mindmap.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !